Rabu, 01 Agustus 2012

seni rupa kontemporer

Seni rupa modern adalah seni rupa yang tidak terbatas pada kebudayaan suatu adat atau daerah, namun tetap berdasarkan sebuah filosofi dan alira-aliran seni rupa
Seni lukis modern indonesia dimulai dengan masuknya penjajahan belanda di  Indonesia. kecenderungan seni rupa eropa barat pada zaman itu adalah aliran romantisme sehingga pelukis indonesia juga terpengaruh mengembangkan aliran ini. awalnya pelukis indonesia lebih sebagai penonton  atau asisten sebab pendidikan kesenian merupakan hal mewah yang sulit dicapai penduduk pribumi serta harga alat lukis modern yang sulit dicapai penduduk biasa.
klasifikasi seni rupa menurut  zaman yaitu,
1. prasejarah
2. klasik
3. pertengahan
4. renaisance
5. art nouveau
kaidah-kaidah dalam komposisi antara lain proporsi, keseimbangan, irama, kesatuan dan kontras
Aliran-aliran seni rupa yang berkembang dimancanegara, antara lain : surrealisme, kubisme,romantisme, ekspresionisme, impresionisme,post impresionisme dan abstraksi
Apresiasi seni adalah kesanggupan untuk menerima dan memberikan penghargaan terhadap karya seni
unsur arah seni tersebut antara lain:
1 lurus
2 berbelok-belok
3 horizontal
4 vertikal
5 condong
jaman prasejarah rentang waktunya sangat panjang sampai manusia tulisan yang kemudian zaman sejarah. salah satu teknik terkenal gambar prasejarah yang dilakukan orang-orang gua adalah dengan menempelkan tangan di dinding gua lalu menyemburkannya dengan kunyahan-kunyahan daun-daunan atau batu mineral berwarna. hasilnya adalah jiplakan tangan berwarna-warni didinding dinding gua yang masih bisa dilihat hingga saat ini. Objek yang sering muncul dalam karya-karya purbakala adalah manusia, binatang dan objek-objek alam lain seperti pohon, bukit,gunung,sungai dan laut.
Raden saleh syarif bustaman adalah salah seorang asisten yang cukup beruntung bisa mempelajari melukis gaya eropa yang dipraktekkan pelukis belanda. Raden saleh kemudian melanjutkan belajar melukis ke belanda sehingga berhasil menjadi seorang pelukis indonesia yang disegani dan menjadi pelukis istana dibeberapa negara eropa.
beberapa pola dalam menentukan keseimbangan:
1. keseimbangan simetris adalah menggambarkan dua bentuk, ukuran dan jarak yang sama dalam sebuah komposisi
2. keseimbangan asimetris adalah menggambarkan sebuah komposisi yang bentuk, ukuran,dan jaraknya tidak sama antara satu dengan yang lainnya
3. keseimbangan segi tiga yaitu menggambarkan sebuah komposisi yang mempunyai atau mengesankan segi tiga
4. keseimbangan sentra yaitu menggambarkan sebuah komposisi yang memusat ditengah-tengah ( berpusat disuatu titik)
keindahan pola lukisan monet yaitu terletak pada goresan kuas dan warna-warna yang cerah, komposisi terbuka, penekanan pada kualitas pencahayaan dan subyek-subyek lukisan yang tidak terlalu menonjol.
fungsi sosial:
a. rekreasi atau hiburan
b. komunikasi
c. pendidikan
d. keagamaan
teori subyektif menyatakan bahwa adanya nilai keindahan hanya tanggapan perasaan orang yang melihat karya tersebut. teori ini hanya berdasarkan naluri saja untuk menyatakan indah tanpa penjelasan tentang ciri-ciri keindahan dari benda yang dilihatnya, sedangkan teori objektifg menyatakan bahwa nilai keindahan dari komposisi dan unsur-unsur pembentuk karya yang dilihatnya, sehingga kita bisa memberikan penjelasan tentang ciri-ciri keindahan yang terkandung  pada suatu karya seni.
nama-nama pelukis indonesia yang termasuk tokoh seni rupa modern
pelukisb terkenal indonesia:
1 affandi
2 agus djaya
3 barli sasmitawinata
4 basuki abdullah
5 djoko pekik
6 dullah
7 mario blanco
8 trubus
9 sri warso wahono
10 srihadi
dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar