Selasa, 07 Agustus 2012

Apresiasi karya seni musik (materi klas 12)

a. Karakteristik atau keunikan karya musik tradisional mancanegara
Di Indonesia berkembang musik-musik tradisional mancanegara yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakatnya, diantaranya adalah musik jazz, blues, cha-cha.
b. Jenis-jenis alat musik tradisional mancanegara
- lute, kecapi,kacapi, hasapi, jungga, rebab,tiongkok,biola,rebab,gong pencu,suling
Isi dalam lagu antara lain sebagai berikut:
- Nada
Suara dapat dibagi-bagi kedalam nada yang memiliki tinggi nada atau tata tertentu menurut frekuensinya ataupun menurut jarak relatif tinggi nada tersebut terhadap tinggi nada patokan. Perbedaan tata antara dua nada disebut sebagai interval. Nada dapat diatur dalam tangga nada yang berbeda-beda. Tangga nada yang paling lazim adalah tangga nada mayor, tangga nada minor, dan tangga nada pentatonik. Nada dasar suatu karya musik menentukan frekuensi tiap nada dalam karya tersebut.
- Ritme
pengaturan bunyi dalam waktu. Birama merupakan pembagian kelompok ketukan dalam waktu. Tanda birama menunjukkan jumlah ketukan dalam birama dan not mana yang dihitung dan dianggap sebagai satu ketukan. Nada-nada tertentu dapat diaksentuasi dengan pemberian tekanan dan pembedaan durasi.
-Melodi
serangkaian nada dalam waktu. Rangkaian tersebut dapat dibunyikan sendiri, yaitu tanpa iringan, atau dapat merupakan bagian dari rangkaian akord dalam waktu (biasanya merupakan rangkaian nada tertinggi dalam akord-akord tersebut)
d. Menyanyi dan memainkan lagu mancanegara
- Pianika
Merupakan alat musik bertuts yang dimainkan dengan ditiup. bilahan-bilahan nadanya ( tuts) ada yang berwarna putih untuk nada-nada natural dan ada yang berwarna hitam untuk nada - nada kromatis. Dalam memainkan alat musik pianika, tangan kiri memegang pianika dan tangan kanan menekan tuts-tuts pianika untuk memainkan melodi lagu, sedangkan mulut meniup.
- Gitar
Alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Cara memainkannya dengan luruskan seluruh jari dengan telapak tangan menghadap lantai dan perhatikan jaraknya terhadap papan muka gitar, 10 cm. Lemaskan keseluruh jari tersebut kebawah dan arah jari melengkung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar