Senin, 06 Agustus 2012

Apresiasi karya seni rupa (pembahasan BKS klas X)

Seni rupa seni visual adalah bentuk karya cipta sbg curahan nurani dengan menggabungkan seluruh kemampuan indra untuk mengenal,  dan menyatukan lingkungan.
Unsur-unsur seni rupa yaitu:
a.       Garis adalah unsure pokok dalam seni rupa, merupakan alat ekspresi yang paling kuno digunakan dalam seni. Kesan garis bisa menentukan ekspresi dari seni, bisa kesan emosi atau beku. Tebal tipis garis juga akan mempengaruhi pada kesan lembut atau keras
b.      Arah ditunjukkan dengan lurus atau berkelok-kelok. Arah condok berbelok-belok berkesan dinamis, sedangkan arah vertical dan horizontal lebih berwatak stabil disbanding arah condong.
c.       Bangunan sebagai area atau pola atau bentuk, contohnya lingkaran, segitiga,segi banyak dll
d.      Ukuran memberikan kesan atau penghayatan tersendiri, ukuran besar dan tebal akan memberikan kesan tegas dan dominan dibandingkan dengan ukuran kecil dan tipis
e.      Gelap terang akan memberikan kesan pada pencahayaan, missal warna gelap kemudian menipis memberikan kesan jauh
f.        Warna sangat menentukan dalam kesan hidup pada hasil karya seni rupa. Tanpa warna hasil karya akan terasa kurang berarti
g.       Tekstur memberikan nilai rabaan suatu permukaan ada dua macam tekstur yaitu nyata dan semu
h.      Titik biasanya digunakan untuk memberikan aksen tertentu pada sebuah karya, tetapi ada bentuk karya seni rupa yang lebih banyak menggunakan unsure titik saja misalnya aliran pointilisme.
Apresiasi kritis adalah apresiasi yang dilakukan secara ilmiah dan sepenuhnya bersifat keilmuwan dengan menampilkan data secara tepat, dengan analisis, interpretasi dan penilaian yang bertanggung jawab
Jumputan merupakan teknik membatik tidak menggunakan malam. Motif kain ini dapat dengan menggunakan teknik mengikat kain dengan benang. Motif-motifnya sangat terbatas pada bentuk bulat karena teknik ikat tidak seleluasa menggunakan lilin dan canting dalam membentuk motif yang diinginkan.
Media dasar adalah materi  atau bahan yang menjadi wujud atau bentuk karya seni. Yang tampak ataupun terdengar, Media yang sering digunakan dalam membuat  karya seni rupa antara lain kertas, kanvas, kain, benang, kayu, triplek tanah liat dll.
Fungsi dan tujuan seni dibagi menjadi 2:
a.       Fungsi individual : fisik dan emosional
b.      Fungsi social : rekreasi atau hiburan, pendidikan, komunikasi, religi atau keagamaan.
Tahap-tahap proses pembuatan batik :
a.       Penyediaan kain putih polos
b.      Tahap dikemplong
c.       Tahap ngelowong
d.      Tahap ngerengreng
e.      Tahap pemberian warna
f.        Tahap dilorod.
Dilorod yaitu proses penghilangan lilin ( malam ) pada bagian tertentu dengan menggunakan air mendidih.
Alat dan bahan utama yang digunakan adalah berupa canting, wajan dan kompor. Sebelumnya pembatik menggunakan anglo ( tungku kecil dibuat dari gerabah)  serta bahan penutupnya disebut malam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar